Selasa, 10 Februari 2009


Mental Jadi Sorotan !

SLEMAN – PSS Sleman matangkan persiapan jelang menjamu Persibo Bojonegoro DI Stadion Maguwoharjo Sleman dalam lanjutan Liga Indonesia Divisi Utama 2008/2009 putaran kedua, Kamis (12/2) sore.
Secara teknis, tidak ada masalah dengan skuad Elang Jawa –julukan PSS-. Meski begitu, mental menjadi sorotan utama Arsitrek PSS Maman Durachman. Sebab, dari dua laga away yang baru saja mereka lakoni, terlihat sekali jika faktor mental sangat berpengaruh.
Maklum, hampir 65 persen skuad Elang Jawa dinuni anak-anak muda yang masih minim jam terbang. Bahkan, tidak sedikit dari mereka menjadikan PSS sebagai klub profesional pertama yang mereka singgahi. Tak pelak, demam lapangan dan merasa masih canggung sering menghinggapi mereka saat mengolah si kulit bundar di lapangan.
Meski secara teknis sebenarnya kualitas mereka mumpuni untuk bersaing di level Divisi Utama. Tetap saja butuh dukungan dari faktor mental. “Kalau mental seorang pemain sudah drop. Sebagus apa pun kualitas yang dia miliki, pasti tidak akan bisa berkembang,” tukas Maman.
Karena itu, tak heran jika sisa waktu yang ada ini dimanfaatkan betul oleh Maman untuk membangkitkan mental dan semangat juang pasukannya. Apalagi, Agus “Grandong” Purwoko dkk baru saja menelan pil pahit di dua laga tandang mereka.
“Kami baru saja gagal meraih satu poin pun di dua laga tandang. Tapi saya berharap, mental anak-anak tidak drop atas hasil itu. Kompetisi masih panjang, kami masih punya kesempatan untuk memperbaiki keadaan,” sebut suksesor Yudi Suryata itu.
Dia menambahkan, satu-satunya jalan untuk mengembalikan kepercayaan diri anak-anak Kota Salak adalah mengambil poin penuh atas sang tamu Persibo. “Dengan begitu, motivasi dan semangat bertanding anak-anak akan bisa muncul kembali. Sehingga, kami bisa menghadapi lawan berikutnya dengan lebih mudah dan lebih percaya diri lagi,” tegasnya.
Beruntung, saat menjamu Laskar Angling Dharma –julukan Persibo-, PSS dipastikan bisa tampil full team. Seluruh pilar utama Laskar Sembada –julukan lain PSS- dalam kondisi fresh dan tak satu pun pemain yang terkena akumulasi kartu. Kecuali Ilham Asdat yang memang harus istirahat selama beberapa hari lantaran gejala demam berdarah. “Tapi tidak hadirnya Ilham tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap kekuatan PSS. Toh selama ini dia hanya menjadi pemain second line untuk melapisi pemain utama,” kata Maman.
Defender PSS Abda Ali dan midfielder Slamet Nurcahyo yang pada pertandingan sebelumnya tidak bisa main karena akumulasi kartu dan cedera engkel kini juga sudah bisa diturunkan.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar