Rabu, 11 Februari 2009

PREVIEW PERSIS VS GRESIK UNITED




Kejar Poin Sempurna !

SOLO – Tuan rumah Persis harus meraih poin mutlak saat menjamu Gresik United (GU) dalam lanjutan Liga Indonesia Divisi Utama 2008/2009 putaran kedua di Stadion R. Maladi Solo, Kamis (12/2) sore.
Ada dua arti besar yang bisa didapat Laskar Sambernyawa –julukan Persis- jika mampu mengalahkan GU. Pertama, kekalahan Moukwele Ebwangga Silvain dkk atas Laskar Joko Samudro –julukan GU- diputaran pertama lalu terbayar lunas. Karena ketika itu, pasukan Eduard Tjong takluk 0-1 di Stadion Tri Darma Gresik.
Kedua, tim Kota Bengawan akan bisa menggeser rival abadinya sebagai tim papan bawah dalam daftar klasemen sementara Grup Timur Persekabpas Pasuruan. Sekaligus menanggalkan predikat mereka sebagai tim juru kunci.
Kini, Persis mengantongi 10 poin dari 16 pertandingan yang sudah dilakoni. Sedangkan poin yang dikantongi Laskar Sakera –julukan Persekabpas- tiga lebih banyak dengan jumlah pertandingan sama. Hanya saja, Laskar Sambernyawa punya keunggulan dalam hal selisih gol. Sejauh ini, Persekabpas telah memasukan 13 gol dan kemasukan 23 gol. Sedangkan Persis, berhasil memasukan 13 gol dan hanya kemasukan 21 gol.
Tak banyak hal yang disampaikan Edu –sapaan akrab Eduard Tjong- kepada anak buahnya jelang laga ini. “Jangan jadikan target harus menang ini sebagai sebuah beban. Karena jika itu terjadi, justru akan membuat permainan mereka menjadi tidak bisa berkembang,” harap mantan libero Arseto Solo itu.
Edu juga mengaku, tak akan melakukan banyak perubahan dalam skuadnya. Meskipun Persis dipastikan tak bisa menurunkan Mulky Alifa Hakim yang sudah mengantongi dua kartu kuning. “Soal komposisi dan formasi, saya belum bisa menyampaikannya sekarang. Tapi kemungkinan, pemain yang akan saya turunkan masih sama dengan ketika menghadapi Persekabpas,” tegas Edu.
Nur Choliq (wing kanan), Yanuar Rus Puspito (striker) dan Eko Budi (gelandang) yang pada saat menghadapi Persema Malang absen lantaran akumulasi kartu kuning. Kini sudah bisa kembali ditampilkan. Sayang, Edu enggan bicara soal tim tamu yang melakukan banyak perubahan disaat jeda paruh musim lalu.
Hal yang sama juga disampaikan Arsitek GU Sasi Kirono. Suksesor Joko Malis itu enggan bicara soal performa Persis dalam beberapa pertandingan diputaran kedua ini. “Saya tidak mau bicara soal tim lawan. Yang penting, saya menyiapkan tim saya sebaik mungkin,” ujarnya.
Sasi menambahkan, masuknya sejumlah pilar impor anyar macam Javier Roca, Marcelo Ramos dan Orock Cyril membawa perubahan yang cukup significant. Tak heran jika kali ini, mereka kembali menargetkan poin penuh atas tuan rumah. “Setiap tim pasti ingin menang, termasuk kami,” tegas Sasi sebelum sesi uji coba lapangan.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar